Profil Pelajar Pancasila bertujuan membentuk generasi muda Indonesia yang berkarakter dan kompeten menghadapi tantangan abad ke-21. Sekolah memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui pembelajaran proyek, yang mendorong siswa untuk aktif, berpikir kritis, dan memecahkan masalah nyata. Namun, implementasi pembelajaran proyek di sekolah dasar, khususnya di DKI Jakarta, masih menghadapi tantangan, salah satunya adalah rendahnya kompetensi guru dalam merancang modul proyek yang efektif dan relevan. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan program pelatihan bagi guru guna meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep Profil Pelajar Pancasila dan pembelajaran berbasis proyek. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru menyusun modul proyek yang inovatif dan sesuai kebutuhan siswa. Program ini berkontribusi dalam membentuk karakter siswa serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang sejalan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2025