Scientific Exploration: Journal Of Indonesian Academic Research
Vol. 3 No. 1 (2025)

Pengaruh Media Digital Komik Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Memahami Isi Cerita

Adela (Unknown)
Apriany Lestari, Myrna (Unknown)
Yuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh media digital komik terhadap keterampilan siswa dalam memahami isi cerita siswa kelas IV SD Negeri 1 Garawangi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan desain nonequavalent control grup design. Penelitian ini diimplementasikan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Garawangi dengan jumlah 27 siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji statistik yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis ( uji t) dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan siswa dalam memahami isi cerita yang menggunakan media digital komik dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh thitung 16,6 > ttabel 1,67 sehingga H1 diterima dan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan siswa dalam memahami isi cerita yang pembelajarannya menggunakan media digital komik dapat dibuktikan dengan hasil uji N-gain memperoleh nilai n-gain 0,52 dengan kriteria “sedang”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pub

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Social Sciences

Description

Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research (JIAR) adalah publikasi akses terbuka dan melalui proses peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan. Jurnal ini merupakan wadah diseminasi hasil penelitian dari ...