Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai solusi terhadap kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Penelitian ini didorong oleh masalah kondisi pembelajaran yang tidak kondusif dan keterbatasan sumber daya ajar yang tersedia. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran tidak kondusif karena jumlah siswa yang berlebihan dalam satu kelas dan kurangnya materi ajar yang dapat diakses oleh siswa secara mandiri. Selain itu, belum ada penerapan model PBL yang dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengidentifikasi dua pertanyaan penelitian utama: (1) Bagaimana penggunaan bahan ajar Pendidikan Agama Islam di SMK Ibrahimy 1 ? (2) Bagaimana proses pengembangan modul Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Problem Based Learning? Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan mengacu pada teori Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A dan X TKJ B SMK Ibrahimy 1 Sukorejo pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk memahami penggunaan bahan ajar yang ada di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Implementasi modul yang telah divalidasi dan siap diujicobakan akan menjadi langkah selanjutnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah ini.
Copyrights © 2023