An Namatul Ausath
Vol. 2 No. 2 (2024): Publish

Pembelajaran Kolaboratif: Perspektif Riset tentang Keterampilan Sosial dan Kinerja Akademis

HABIBI, ERFAN (Unknown)
Sahlan, Moh (Unknown)
Mashudi, Mashudi (Unknown)
Rosyidi, Mundir (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya pembelajaran kolaboratif dalam dunia pendidikan modern sebagai solusi untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti komunikasi, empati, dan kerja sama, sekaligus meningkatkan kinerja akademis siswa. Berbasis metode penelitian kepustakaan, studi ini menganalisis berbagai literatur untuk menggali hubungan antara pembelajaran kolaboratif, keterampilan sosial, dan hasil akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif berkontribusi pada peningkatan keterampilan sosial dan kepercayaan diri siswa, sekaligus memfasilitasi pemahaman akademis yang lebih baik. Namun, tantangan dalam implementasi pembelajaran kolaboratif, seperti kesiapan guru dan pengelolaan kelompok, tetap perlu diatasi. Studi ini merekomendasikan pelatihan dan dukungan bagi pendidik untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran kolaboratif. Dengan pendekatan ini, institusi pendidikan dapat lebih efektif mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang kompetitif dan kolaboratif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgmialmliki

Publisher

Subject

Education Other

Description

An Namatul Ausath: Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Journal is an electronic journal that focuses on scientific articles on Islamic Education issues in general published by the Institut Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Bondowo Jawa Timur, Indonesia. This journal provides an academic platform for ...