Abstrak: Guru PAI sangatlah berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri, tetapi tak jarang juga guru terkendala oleh minat belajar santri yang kurang dan kedisiplinan santri. Sehingga guru harus memaksimalkan perannya sebagai pemberi motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui metode serta menemukan kendala yang dihadapi guru mengaji dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodefield research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Peran guru dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri adalah pengaktif santri dalam kegiatan belajar mengajar, pencipta suasana kelas yang kondusif, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, peningkat antusias, pemberi reward.Metode guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu metode pemberian reward seperti pemberian hadiah berupa pulpen, snack dan pemberian nilai serta pemberian hukuman edukatif seperti menyetor hafalan surah pendek dan mengerjakan tugas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu sikap yang kurang baik, minat belajar yang kurang, daya serap santri yang kurang baik, dan kurangnya disiplin santri.
Copyrights © 2023