Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk membuktikan efektifitas metode bermain terhadap perkembangan sosial dalam meningkatkan keterampilan sosial anak dengan menggunakan permainan tradisional. pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Pembina Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 17 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah siswa kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri pembina 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (untuk melihat perkembangan sosial), dan video, foto, dan scenario proses pelaksaanaan. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan bermain anak telah mencapai 70% dengan kreteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas Metode Bermain terhadap Perkembangan Sosial Anak menggunakan permainan Tradisional pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Pembina Medan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat penelitian deskriptif kualitatif pertama 1 berjumlah 23% berada pada kriteria kurang baik. Pada deskriptif kualitatif 2 meningkat mencapai 75%, sehingga keterampilan terhadap perkembangan sosial anak rata-rata berada pada kriteria baik.
Copyrights © 2021