Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PERAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI SISWA TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB NEGERI KOTA BANJARBARU

Nornadia (Unknown)
Atsnan, Muh. Fajaruddin (Unknown)
Ony, Resi Juliantina (Unknown)
Hamidah, Wanda (Unknown)
Raudah (Unknown)
Muslihah (Unknown)
Badilah (Unknown)
Muhamad Sabirin (Unknown)
Gazali, Rahmita Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita pada pembelajaran matematika di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas, guru mata pelajaran matematika, guru pendamping siswa tunagrahita. Sedangkan objek penelitian ini adalah bagaimana peran guru mata pelajaran matematika dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita pada pembelajaran matematika. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan individu siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai, seperti penggunaan alat bantu visual dan pendekatan multisensori. Guru juga berfungsi sebagai motivator yang meningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi siswa. Dukungan orangtua dan kolaborasi dengan tenaga ahli menjadi faktor pendukung yang penting. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan holistik dan kolaboratif merupakan kunci dalam memaksimalkan potensi siswa tunagrahita dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...