Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik
Vol. 2 No. 1, Juni (2025): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik

ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA

Mia Rismawati (Unknown)
Filda Halimatuzzahroh (Unknown)
Sindiyani (Unknown)
Juwita Sari (Unknown)
Desti Sri Hafit Intani (Unknown)
Yeni Sulaeman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media flash card pembelajaran berbicara dalam bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode Kualitatif Deskriptif, dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) Perancangan penelitian 2) Sampel  3) Teknik mengumpulkan data dan analisis data. Perolehan hasil melalui pengisian kuisioner oleh siswa, yaitu dari 38 siswa terdapat 18 siswa dengan persentase 48% dalam kategori “Selalu”. 17 siswa dengan persentase 42% dalam kategori “kadang-kadang” dan  12 siswa dengan persentase 10% dalam kategori “tidak pernah”. Selain itu, hasil wawancara terhadap guru menunjukan bahwa penggunaan metode ini  mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, melatih keterampilan berbicara siswa, serta mendukung siswa untuk lebih berani  berbicara didepan kelas, seacara umum berani bisa berbicara di depan publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penelitian Semesta Mendidik (SM) dengan e-ISSN: 3089-3569 merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ...