Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar Karaton 01 dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara langsung dan studi literatur. Adapun lokasi penelitian di SD Karaton 01, Jl. Pendidikan No.38. Subjek penelitian yang melibatkan seluruh siswa SD Karaton 01. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada perkembangan fisik peserta didik sangat baik, terlihat dari bertambahnya tinggi dan berat badan, serta perkembangan motorik kasar dan halus, sehingga peserta didik mampu melompat, berlari, bahkan menggambar. Adapun perkembangan kognitifnya peserta didik mampu berpikir logis dan menonjolkan minat dan bakatnya. Perkembangan sosial dan emosional terlihat saat ada teman mereka menyendiri mereka berempati, walaupun anak tersebut tidak mau berinteraksi dengan teman-temannya.
Copyrights © 2025