Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 LEMBAR

Ahmad Muzaki (Unknown)
Sri Yuliyanti (Unknown)
Ade Kurniawan (Unknown)
Mawarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan dari media pembelajaran berbasis GeoGebra dalam meningkatkan motivasi belajar dan representasi matematis siswa di SMA Negeri 1 Lembar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 yaitu 31 siswa dengan jumlah sampel berjumlah 6 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi media pembelajaran, validasi instrumen tes, respon guru dan siswa, serta tes representasi matematis siswa berupa soal pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian, validasi media 92% dan 82% termasuk ke dalam kategori sangat valid sedangkan untuk validasi instrumen tes mendapatkan 96% yang mana termasuk ke dalam kategori sangat valid juga. Hasil kepraktisan sendiri dengan diberikan lembar respon kepada 1 guru yang mana berada pada interval dapat diartikan masuk ke dalam kriteria sangat baik. Lembar respon juga diberikan kepada 6 siswa yang mana 4 diantaranya berada pada interval dapat diartikan masuk ke dalam kriteria sangat baik sedangkan 2 subjek lainnya berada pada interval dapat diartikan masuk ke dalam kriteria baik. Untuk melihat keefektifan media dapat dilihat dari jawaban pre test dan post test subjek yaitu pada awalnya subjek salah dalam menggambar grafik maka saat pmerian soal post test subjek telah mampu menggambar grafik dengan benar (representasi grafik), lalu telah mampu menggunakan rumus yang benar untuk mencari nilai gradien, dan persamaan garis singgung (representasi ekspresi), terakhir subjek mampu menuliskan apa yang diketahui dan tidak diketahui dari soal yang telah disajikan (representasi tertulis)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...