Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 2 No. 1 (2024): APRIL

PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPAS DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDK MATALOKO

Nuwa, Aprilia Ayuni Io (Unknown)
Meo, Antonia ripo (Unknown)
Lawe, Yosefina Uge (Unknown)
Wunu, Mathilde Dhiu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 di SDK Mataloko melalui penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara dengan peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan alat peraga. Pada siklus pertama, rata-rata nilai meningkat dari 65 menjadi 75, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 85. Selain itu, penggunaan alat peraga juga meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga IPAS efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SDK Mataloko

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...