Salah satu variabel yang dapat menggambarkan kinerja ruas jalan adalah kapasitas ruas jalan. Peningkatan kebutuhan pergerakan kendaraan yang meningkat tiap tahunnya tergambar dari kondisi macet di beberapa ruas jalan di Kota Makassar. Satu di antara berbagai upaya pemerintah dalam menangani solusi kemacetan di Jalan A.P. Pettarani, Kota Makassar adalah dengan adanya Pembangunan Jalan Tol Layang. Akan tetapi masa efektif untuk mengatasi problematika kemacetan pada Jalan tol layang tersebut tidak diketahui secara detail sampai periode berapa tahun akan berjalan sesuai dengan rencana. Dalam penelitian ini penulis berinisiatif untuk menganalisis kapasitas ruas jalan tol layang dalam 50 tahun ke depan, serta kebutuhan pergerakan yang terjadi. Kalkulasi secara berurutan dilakukan mengikuti tahapan dan parameter terhadap Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Dalam menganalisis kapasitas dan kebutuhan pergerakannya, kami mengambil sampel data dengan melakukan survey pada Jl. A.P. Pettarani Kota Makassar. Berdasarkan studi kasus yang kami tinjau kapasitas yang terjadi setiap tahunnya meningkat hingga 7% dan begitu juga pada kebutuhan pergerakan kendaraan terus meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan proyeksi kapasitas yang di peroleh selama 50 tahun ke depan maka dapat disimpulkan bahwa kapasitas pada ruas jalan tol layang A.P.Pettarani berpotensi tidak dapat menampung kendaraan dalam 50 tahun, namun hanya sampai pada tahun ke 30.
Copyrights © 2019