cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@gmail.com
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jilmateks@umi.ac.id
Editorial Address
Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
ISSN : 26557266     EISSN : 26557266     DOI : https://doi.org/10.33096
Core Subject : Engineering,
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 231 Documents
Tinjauan Perencanaan Super Struktur Jembatan Pelengkung pada Sungai Pute Kab. Maros Putra, Andika Eka; Ashad, Hanafi; Utina, Toni
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/w9jtkt06

Abstract

Tingginya kebutuhan pergerakan menggunakan transportasi darat mendorong pengembangan penyediaan prasarana transportasi khususnya di darat baik jalan maupun jembatan. Penggunaan beton bertulang sebagai material struktur jembatan khususnya jembatan lengkung sulit dilaksanakan. Struktur rangka baja merupakan material yang sering dipilih sebagai alternatif dalam pembangunan struktur jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan struktur jembatan eksisting dengan struktur jembatan hasil tinjauan, dilihat dari aspek gaya-gaya dalam, aspek kekuatan struktur, dan reaksi perletakan yang diterima oleh sub-struktur. Jembatan Pelengkung Sungai Pute terletak di Kecamatan Bontoa, Kab. Maros, tepatnya berada di ruas jalan nasional ruas Pangkajene-Maros yang terletak 37.80 km dari Kota Makassar. Jembatan ini melayani pergerakan lalu-lintas jalan nasional yang masuk, dan keluar kota Makassar melalui jalur utara. Data yang menjadi tinjauan adalah data bentang, dimensi eksisting, data pembebanan eksisting dan data material yang akan digunakan. Yang menjadi ciri khas pembeda dari jembatan pelengkung dengan jembatan tipe lain merupakan elemen lengkungnya. Pada elemen lengkung hanya terdapat gaya tekan, kemudian memiliki 2 pondasi yang menahan beban dari struktur. Peningkatan sudut kelengkungan menyebabkan semakin kecilnya gaya tekan, begitu pula dengan nilai bentang yang semakin berkurang. Selain itu, reaksi perletakan yang terjadi pada jembatan tinjauan lebih kecil dari pada jembatan eksisting, sehingga dimensi sub struktur yang direncanakan lebih kecil.
Analisis Efisiensi Kebutuhan dan Kapasitas Ruang Parkir Pelabuhan Ferry Kolaka Ikhsan , Achmad Ijlal; Sakti, Agung Surya; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Alifuddin, Andi; Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/xbapfs94

Abstract

Pola parkir dan lahan di Pelabuhan Ferry Kolaka belum optimal, terutama saat terjadi lonjakan penumpang. Area parkir terbagi menjadi dua, yaitu untuk mobil dan motor dengan luas 465 m² serta untuk truk dan bus dengan luas 345 m². Walaupun luas lahan saat ini cukup untuk menampung kendaraan, lonjakan penumpang dapat menyebabkan kekurangan ruang parkir. Metode analisis yang digunakan mencakup survei langsung di lokasi, analisis kuantitatif, analisis waktu dan gerakan untuk memahami pola kedatangan dan keberangkatan kendaraan, serta studi perilaku pengguna untuk mengetahui preferensi parkir. Data menunjukkan kebutuhan petak parkir saat ini adalah 40 untuk motor, 27 untuk mobil, dan 3 untuk truk. Jumlah petak parkir yang tersedia masing-masing adalah 69, 74, dan 58. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapasitas parkir di Pelabuhan Ferry Kolaka masih memadai, dengan jumlah petak parkir yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan untuk mobil, motor, dan truk. Dengan demikian, ruang parkir di pelabuhan ini masih efisien. Alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kapasitas parkir pada Pelabuhan Ferry Kolaka dilakukan Pemasangan sistem parkir elektronik.
Analisis Pengaruh Penggunaan Semen Portland sebagai Filler pada Campuran AC-WC Terhadap Sifat-Sifat Mekanik dan Durabilitas Rahmawati, Eis; Nurhaliza; Badaron, St Fauziah; Maricar, Muhammad Husni; Salim, Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/7cyk3k61

Abstract

Jenis lapisan perkerasan lentur banyak digunakan adalah lapis perkerasan aspal beton. Sebagai lapisan permukaan jalan yang paling atas dan sering terpapar langsung oleh kendaraan, AC-WC sangat bergantung pada kualitas bahan pengisinya. Penggunaan bahan pengisi alternatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja keseluruhan campuran AC-WC. Semen Portland, dengan ukuran partikelnya yang sangat kecil, diperkirakan dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan campuran aspal. Berdasarkan pertimbangan ini, semen Portland akan dijadikan menjadi alternatif sebagai pengisi dalam campuran AC-WC pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Semen Portland yang digunakan sebagai subtitusi filler pada campuran aspal beton (AC-WC) terhadap karakteristik Marshall, pengujian Indirect Tensile Strength (ITS), dan Durabilitas. Metode penelitian ini menerapakan metode eksperimen dengan menggunakan Kadar Aspal Optimum 5,8% dengan variasi kadar Semen Portland sebesar 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, 2%, dan 2,5% dari total berat campuran. Diperoleh variasi kadar Semen Portland optimum yaitu 1%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian Semen Portland sebagai filler yang ada di campuran AC-WC memberikan pengaruh meningkatkan nilai stabilitas terhadap karakteristik marshall, memiliki nilai kuat tarik tinggi yang membuat campuran tidak mudah mengalami keretakan dan dapat meningkatkan nilai durabilitas yang menandakan daya lekat yang bagus.
Analisis Faktor-Faktor Penunjang Keberhasilan pada Proyek Pembangunan Dermaga Angkatan Laut LANTAMAL VI Makassar Z, Nur Arifah; Rahim, Nurul Muchlisah; Bachmid, Sofyan; Watono, Watono; Arsal, St Fatmah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/675t6q77

Abstract

Keberhasilan proyek merupakan sesuatu yang harus dipikirkan baik-baik dalam manajemen proyek. Dengan manajemen proyek yang baik akan berdampak positif bagi keberlangsungan tahapan setiap proyek konstruksi. Tolak ukur keberhasilan proyek tidak terlepas dari penataan atau penjadwalan tersusun secara terstruktur. Pada penelitian ini, peneliti menganalisa sejauh mana faktor yang cukup sering terjadi keberhasilan kelancaran pada Proyek Pembangunan Dermaga Angkatan Laut Lantamal VI Makassar. Metode perolehan data analisis ini menggunakan jajak pendapat yang diisi oleh PT. GENYTOV FAJAR sebagai pihak kontraktor, konsultan pengawas, konsultan perencana, dan owner pada proyek pembangunan Dermaga Angkatan Laut Lantamal VI Makassar. Dari hasil dari analisa 22 variabel yang telah diproses dengan aplikasi SPSS.21. Faktor penyebab dalam keberhasilan pelaksanaan proyek. Adapun hasil analisa yang sudah dilaksanakan dapat dijelaskan bahwa faktor kondisi cuaca mendapatkan predikat no.1 dalam hal keberhasilan proyek,dan perolehan nilai koefisien determinasinya, Faktor X1 hingga Faktor X5 mempengaruhi faktor (Y) yaitu faktor keberhasilan kelancaran dengan perolehan nilai 91,4% dan memiliki sisa 8.6% tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kinerja Paving Block Dengan Menggunakan Bahan Pengikat Asbuton Lawele (LGA) Nurhalizah, Siti; Chatima, Husnul; Hadi, Abd Karim; Utina, Toni; Alifuddin, Andi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/g7mmvj15

Abstract

Paving block merupakan salah satu jenis paving yang terbuat dari campuran agregat, air, dan bahan pengikat. Bahan pengikat yang umum digunakan untuk membuat paving block adalah semen. Namun, penggunaan semen sebagai bahan pengikat dapat menimbulkan masalah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai hasil uji kuat tekan apakah memenuhi syarat dari campuran Asbuton lawele sebagai perekat pada paving block. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen pada benda uji, mencakup Pasir dan Abu batu dengan bahan pengikat. Hasil untuk campuran Pasir LGA 40%, tinggi awal 8 cm berkurang menjadi 5,8 cm setelah pemadatan, menghasilkan penurunan tinggi (ΔL) sebesar 2,2 cm. Demikian pula, untuk Abu Batu LGA 40%, tinggi berkurang dari 8 cm menjadi 5,8 cm, dengan penurunan tinggi yang sama. Hasil menggunakan metode secara mekanis memiliki kekuatan tekan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan semakin tinggi persentase Asbuton Lawele, makin tinggi nilai kuat tekan paving block yang dihasilkan, serta Asbuton Lawele berperan meningkatkan kekuatan dan daya tahan paving block.
Studi Kasus Pelayanan Air Bersih di Kelurahan Maricaya Kota Makassar Budyarsih, Zaldza Prucha; Yusuf, Aldi; Musa, Ratna; Haris, Muhammad; Latif, Andi Amin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/xrng9e95

Abstract

Air ialah SDA (sumber daya alam) penting yang berdampak pada kehidupan banyak orang dan bahkan seluruh makhluk hidup. Peranan PDAM memiliki fungsi yang begitu krusial lantaran diharapkan bisa memberi layanan kepada konsumen perihal kebutuhan air masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis jumlah pertumbuhan penduduk di kelurahan Maricaya pada tahun 2022 serta menghitung besar kekurangan air yang ada di Kelurahan Maricaya yang dapat disuplai untuk memenuhi kebutuhan air. Metode penelitian ini sifatnya studi kasus dengan menjalankan analisis data yang sudah ada diantaranya data distribusi air PDAM dan jumlah penduduk tahun 2018-2022. Tahapan penelitian ini mencakup pertumbuhan peduduk dan analisis kebutuhan air di kelurahan Maricaya. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa jumlah penduduk untuk tahun 2022 didapatkan hasil yaitu 4639 jiwa dengan menggunakan metode aritmatik, sedangkan dari data BPS untuk tahun 2022 sebanyak 4401 jiwa. Sehingga perbandingan antara data BPS dengan metode aritmatik sebesar 5%, maka dari nilai tersebut memiliki selisih kurang dari 10%. Kapasitas produksi air PDAM yang diharapkan di kelurahan Maricaya Kota Makassar sebesar 20,83 l/detik dan pada Tahun 2022 berdasarkan jumlah air yang tersalurkan sebesar 12,05 l/detik, maka kekurangan air pada tahun 2022 sebesar 8,78 l/detik.
Analisis Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Kendaraan Berat : Studi Kasus: Jl. Yos Sudarso Kota Makassar Muyassar, Fauzan; Massara, Asma; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Arsal, St Fatmah; Kadir, Hamdan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/e01bh023

Abstract

Kebisingan akibat aktivitas kendaraan dapat memberikan dampak yang merugikan manusia itu sendiri, baik secara fisiologis maupun psikologis. Bentuk gangguan yang diakibatkan kebisingan antara lain pendengaran dan gangguan percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kebisingan akibat aktivitas kendaraan di ruas jalan yos Sudarso. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran langsung untuk mendapatkan data volume kendaraan, kecepatan kendaraan, geometri jalan dan data kebisingan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus empiris (CoRTN) dan analisis data kebisingan menggunakan alat sound level meter. Dari hasil analisis kebisingan di jalan yos Sudarso untuk metode CoRTN dari senin, selasa, sabtu, minggu berturut-turut didapatkan sebesar 79.63 dB, 79.35 dB, 78.60 dB, 78.58 dB. Untuk metode alat sound level meter diperoleh nilai kebisingan hari senin, selasa, sabtu, minggu berturut-turut didapatkan sebesar 82.50 dB, 82.14 dB, 80.07 dB, 80.09 dB.
Analisa Angkutan Sedimen di Sungai Tello, Kota Makassar Kadli, Muhammad Ansal; Alam, Muhammad; Musa, Ratna; Mallombasi, Ali; SAR, Mas'ud; Azis, Andi Adillah Firstania
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/8v1gtm95

Abstract

Proses sedimentasi yang terjadi terus-menerus yang menyebabkan pendangkalan pada badan sungai yang menyebabkan penurunan kapasitas pengaliran sungai. Partikel sedimen yang terbawa oleh arus aliran yang mengakibatkan pendangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh debit aliran terhadap angkutan sedimen serta menganalisa besar angkutan sedimen yang terjadi pada aliran sungai Tello.  Metode yang dilakukan pada penelitian ini yakni observasi pengukuran langsung di sungai Tello untuk mendapatkan data-data morfologi sungai dan sampel sedimen pada dasar sungai (bed load). Sampel sedimen selanjutnya diuji pada laboratorium untuk mendapatkan nilai berat jenis butiran sedimen (Gs) serta ukuran diameter sedimen.  Data yang telah diperoleh baik itu dari pengukuran langsung serta data hasil pengujian sampel di laboratorium kemudian di analisis menggunakan rumus empiris Einstein dan Meyer Peter Muller. Berdasarkan hasil perhitungan untuk memperkirakan angkutan sedimen yang terjadi di sungai Tello, Kota Makassar, maka digunakan nilai rata-rata dari dua metode tersebut sebagai dasar untuk memperkirakan angkutan sedimen. Dari hasil analisis diperoleh angkutan sedimen rata-rata untuk metode Einstein sebesar 0,107 kg/det, dan nilai angkutan sedimen rata-rata untuk metode Meyer Peter Muller sebesar kg/det. Semakin besar debit aliran sungai, maka cenderung mengangkut sedimen lebih banyak. Debit aliran yang tinggi mengakibatkan kecepatan aliran meningkat, yang cenderung mengangkut sedimen lebih efisien baik dalam jumlah maupun ukuran sedimennya.
Analisis Bangkitan Lalulintas Kendaraan pada Ruas Jalan- Jembatan Barombong Kota Makassar Tamsil, Ade Kurniawan; Massara, Asma; Syafei, Ilham; Junaid, Annisa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/19x3zp17

Abstract

Jembatan Barombong menghadapi beberapa masalah teknis yang menghambat arus lalu lintas. Penyempitan di mulut jembatan dan pertigaan dari arah selatan ke utara memperburuk kemacetan. Penelitian ini mengkaji bagaimana jenis pekerjaan, tujuan perjalanan, penghasilan keluarga, dan frekuensi perjalanan mempengaruhi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan jumlah kendaraan dan dampaknya terhadap kemacetan di jembatan Barombong, dengan harapan bisa menemukan solusi efektif untuk mengatasi masalah lalu lintas di kawasan tersebut, serta menganalisis pengaruh faktor-faktor terhadap bangkitan lalulintas serta menganalisis faktor yang berpengaruh dominan pada bangkitan kendaraan di ruas jalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Setelah mengumpulkan data dari kuisioner dan wawancara data akan dianalisis terlebih dahulu untuk menghasilkan kesimpulan atau data mengenai tingginya bangkitan lalu lintas kendaraan. Analisis menunjukkan bahwa frekuensi perjalanan (X4) memiliki pengaruh terbesar terhadap kemacetan dengan koefisien 0.272, sedangkan faktor lainnya memiliki pengaruh yang lebih kecil. Persamaan regresi yang digunakan adalah Y = 0.703 + 0.224 X1 + 0.221 X2 + 0.217 X3 + 0.272 X4.
Analisis Karakteristik Lalu Lintas dan Kinerja Ruas Jalan Akibat Kegiatan Pasar Sentral Pinrang Rifan , A. Muh. Akmhal; Afifa, Insyirah; Said, Lambang Basri; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Gani, Ishak
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 7 No. 1 (2025): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2025
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/p83kb285

Abstract

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan Provinsi yang terdiri dari beberapa kabupaten dan kota, salah satunya adalah Kabupaten Pinrang. Kabupaten ini dihuni oleh ribuan penduduk dengan jumlah sekitar 9.340 jiwa (BPS Kabupaten Pinrang, 2023). Seperti halnya kabupaten lain, perkembangan di Kabupaten Pinrang dapat dikatakan signifikan setiap harinya. Perkembangan dibuktikan adanya aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan khususnya pada kawasan pasar sentral pinrang. Tujuan Penelitian ini analisis karakteristik lalu lintas yang mencakup identifikasi dan evaluasi variabel lalu lintas yang terpengaruh oleh aktivitas pasar seperti volume kendaraan, kecepatan, dan kepadatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan observasi lapangan untuk mengumpulkan data volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Data yang didapatkan nantinya dikalkulasikan untuk menganalisis karakteristik yang terjadi pada lokasi tersebut. Hasil menunjukkan bahwa volume lalu lintas lebih tinggi pada hari minggu dibandingkan dengan hari rabu yang dapat dikaitkan dengan meningkatnya aktivitas belanja di pasar pada hari minggu, Sedangkan untuk analisis Kecepatan kendaraan rata-rata di wilayah ini adalah antara 34 dan 45 kilometer per jam. Berdasarkan karakteristik pada ruas jalan pasar pinrang mempunyai geometrik cukup memadai, mengingat tingkat pelayanan diperoleh pada ruas jalan pasar sentral Pinrang A, dan bahu jalan cukup luas untuk pejalan kaki maupun tempat pemberhentian kendaraan sementara.

Page 1 of 24 | Total Record : 231