Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal

Menggali Makna di Balik Filosofi Hidup Pisang: Pembelajaran soft skill Bagi Mahasiswa PAUD

Mestari, Sri Agriyanti (Unknown)
Kalaka, Febry Rizki Susanti (Unknown)
Masaong, Abd Kadim (Unknown)
Isnanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Filosofi hidup pohon pisang mengandung berbagai nilai yang relevan untuk pengembangan soft skills bagi mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana simbolisme pohon pisang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran guna mengembangkan keterampilan seperti ketahanan, adaptasi, empati, kesederhanaan, serta penghargaan terhadap proses belajar. Dengan menggunakan pendekatan kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai esensial dari filosofi hidup pohon pisang yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filosofi ini dapat membantu mahasiswa PAUD dalam mengembangkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, meningkatkan empati dalam berinteraksi dengan anak-anak dan lingkungan sekitar, serta memperkuat keterampilan kerja sama dalam tim. Integrasi nilai-nilai ini diharapkan dapat memperkuat karakter mahasiswa sebagai calon pendidik yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pengembangan soft skills dalam menciptakan generasi pendidik yang tidak hanya profesional secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang tangguh dan mampu memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...