Pelatihan pembuatan media interaktif berbasis PowerPoint merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Arab dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan pelatihan tersebut, dengan fokus pada analisis aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pelatihan, seperti kualitas instruktur, materi yang disampaikan, serta partisipasi peserta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan angket, melibatkan 40 guru bahasa Arab alumni PPG Universitas Negeri Malang sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur persepsi peserta terhadap proses pelatihan dan kemampuan mereka dalam menggunakan media interaktif setelah pelatihan. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas peserta merasa puas dengan kualitas instruktur dan materi yang diberikan. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif setelah mengikuti pelatihan. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan tersebut efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan dapat direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru bahasa Arab.
Copyrights © 2024