Edukatif
Vol. 1 No. 01 (2025): ISSUE APRIL

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Kuadrat

Ilham Yani Putra (Unknown)
Fathur Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan kuadrat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek lima siswa kelas IX MTsN 1 Bukittinggi yang dipilih secara purposif mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes soal cerita dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang proses berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal dengan tepat dan sistematis, serta memenuhi semua indikator berpikir kreatif, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Siswa dengan kemampuan sedang dapat memahami sebagian soal namun kurang tepat dalam menyelesaikannya dan hanya memenuhi sebagian indikator. Sementara itu, siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal, sehingga tidak memenuhi indikator berpikir kreatif. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendekatan pembelajaran yang mendorong pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama dalam memahami konsep matematika melalui soal cerita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukatif: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran diterbitkan oleh PT. Mifandi Mandiri Digital. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup Jurnal Penelitian dan ...