Edukatif
Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI

Peningkatan Motivasi Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Inovatif pada Siswa SMP Swasta Pahlawan Nasional

Erliza Septia Nagara (Unknown)
Ida Ayu Putu Anggie Sinthiya (Unknown)
Marilin Kristina (Unknown)
Ponidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Pahlawan Nasional sering kali rendah, mempengaruhi pemahaman dan hasil belajar mereka. Pembelajaran yang dominan oleh metode ceramah guru cenderung tidak merangsang keterlibatan peserta didik, yang pada akhirnya memiliki dampak motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keinginan siswa untuk belajar ini inovatif dalam pembelajaran IPS di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Penelitian dilakukan menggunakan metode observasi di kelas, dengan metode untuk mengumpulkan data tambahan seperti catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis interaktif digunakan untuk menganalisis data secara diskiriptif kualitatif, memfokuskan pada penggunaan model pembelajaran inovatif sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Implementasi media pembelajaran interaktif, seperti PowerPoint, secara signifikan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPS. Respons positif siswa terhadap media ini mencerminkan peningkatan motivasi belajar, yang secara langsung berdampak pada hasil belajar yang lebih baik. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan inovatif dalam pembelajaran IPS efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa di SMP Swasta Pahlawan Nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukatif: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran diterbitkan oleh PT. Mifandi Mandiri Digital. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup Jurnal Penelitian dan ...