Edukatif
Vol. 1 No. 02 (2025): ISSUE JULI

Efektivitas Penggunaan Game Edukasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusif

Menik Tetha Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan game edukasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Metode penelitian menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari 20 siswa (10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol) di salah satu sekolah dasar inklusif di Kabupaten X. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar skala Likert 1–5 dengan 20 item yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,87). Data dianalisis menggunakan Independent Samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol pada skor posttest motivasi belajar (t = 4,12, p = 0,001). Kesimpulannya, penggunaan game edukasi efektif meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran interaktif untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukatif: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran diterbitkan oleh PT. Mifandi Mandiri Digital. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pembelajaran yang dilakukan oleh para peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup Jurnal Penelitian dan ...