Siti Holipah Analisis Pembelajaran Task-Based Learning Dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMPI Al-Hidayah Jatiuwung Kota Tangerang. Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di tingkat sekolah menengah, terutama dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Penguasaan keterampilan menulis (maharah kitabah) dalam bahasa Arab menjadi tantangan tersendiri bagi siswa, mengingat menulis merupakan tahapan tertinggi dalam penguasaan bahasa. Siswa dituntut tidak hanya memahami kaidah tata bahasa dan kosakata, tetapi juga mampu menyusun ide secara sistematis dan logis. Namun, keterbatasan waktu belajar, rendahnya motivasi siswa, serta metode pengajaran yang kurang variatif menjadi kendala utama dalam pembelajaran menulis bahasa Arab di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran metode Task-Based Learning (TBL) dalam mengembangkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII di SMPI Al-Hidayah Jatiuwung, Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil tugas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TBL mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, membangun rasa percaya diri dalam menulis, serta menumbuhkan motivasi belajar melalui penyelesaian tugas-tugas yang kontekstual, seperti menulis percakapan, cerita pendek, surat formal, dan latihan imla’. Meskipun dihadapkan pada kendala teknis seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dan adaptasi arah penulisan Arab, pembelajaran dengan pendekatan TBL terbukti efisien dan relevan dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Tugas-tugas yang diberikan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan berorientasi pada hasil nyata. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan TBL sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang inovatif, komunikatif, dan berpusat pada siswa dalam pengajaran keterampilan menulis bahasa Arab di sekolah menengah. Siti Holipah An Analysis of Task-Based Learning in Developing Arabic Writing Skills of Eighth Grade Students at SMPI Al-Hidayah Jatiuwung, Tangerang City. Arabic is one of the essential subjects at the secondary school level, particularly in the context of Islamic education in Indonesia. Mastering writing skills (maharah kitabah) in Arabic poses a unique challenge for students, as writing represents the highest level of language acquisition. Students are required not only to understand grammatical rules and vocabulary but also to organize ideas systematically and logically. However, limited learning time, low student motivation, and monotonous teaching methods are the main obstacles in teaching Arabic writing in the classroom. This study aims to analyze the implementation of the Task-Based Learning (TBL) method in developing Arabic writing skills among eighth-grade students at SMPI Al-Hidayah Jatiuwung, Tangerang City. The research employs a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interviews, and documentation of students’ written assignments. The results show that the TBL approach enhances students’ active participation, builds confidence in writing, and fosters learning motivation through the completion of contextual tasks such as writing dialogues, short stories, formal letters, and imla’ exercises. Despite facing technical challenges such as varying student proficiency levels and the adaptation to Arabic script direction, TBL has proven to be effective and relevant in Arabic language instruction. The given tasks encourage independent learning and are result-oriented. This study recommends the use of the TBL approach as an innovative, communicative, and student-centered method for teaching Arabic writing skills in secondary schools.
Copyrights © 2024