Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD & MI
Vol. 1 No. 1 (2021): Maret 2021

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV MIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019 /2020

Nuha, Jumrotin (Unknown)
Hermansyah, Hermansyah (Unknown)
Mujahidah, Nelly (Unknown)
Yusriadi, Yusriadi (Unknown)
Shobikah, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media Puzzle. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis konten (Conten Analisys) dengan alat pengumpulan data kegiatan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan media puzzle dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi telah sesuai dengan langkah penelitian tindakan kelas. 2) Keterampilan siswa menulis narasi sebelum menggunakan media puzzle mengalami kesulitan dalam menulis kata pertama dalam mengarang, kekurangan lain juga didapatkan ketika menulis karangan peserta didik tidak menulis judul karangan, hal tersebut mengakibatkan peserta didik tidak mengembangkan isi karangan. 3) Keterampilan siswa menulis karangan narasi sesudah menggunakan media puzzle mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil karangan narasi setiap peserta didik. Dimana sebelum penerapan media puzzle siswa kesulitan menulis karangan narasi. Setelah penggunaan media siswa lebih mudah memahami cara menulis karangan karena adanya bantuan media puzzle. 4) keterampilan menulis karangan narasi sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle, menunjukkan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.Seperti kemajuan menuliskan judul dengan, tanda baca dan ejaan, serta organisasi isi karangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkipp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD&MI (JKIPP) adalah jurnal yang memiliki platform peer review terkemuka dan merupakan sumber informasi resmi. JKIPP terbit dua kali dalam satu tahun. Kami menerbitkan artikel penelitian asli, tinjauan pustaka, dan studi kasus yang berfokus pada Pembelajaran ...