Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 1 (2025): JANUARI

Nilai Perjuangan dalam Novel untuk Kebutuhan Pengembangan Motivasi Belajar Peserta Didik

Iskandar, Ramadhan Attalarik (Unknown)
Halimah, Halimah (Unknown)
Nugroho, Rudi Adi (Unknown)
Sumiyadi, Sumiyadi (Unknown)
Yulianeta, Yulianeta (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai perjuangan dalam novel untuk kebutuhan pengembangan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik analisis isi dan kajian pustaka dengan mengidentifikasi empat jenis nilai perjuangan, yaitu teguh pendirian, sabar dan semangat pantang menyerah, perjuangan bangkit dari keterpurukan, serta perjuangan meraih kebahagiaan dalam tiga kategori novel yang berjudul Dompet Ayah Sepatu Ibu, Kado Terbaik, dan Melangkah karya Jombang Santani Khairen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel memiliki potensi besar dalam menginspirasi serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengalaman fiksi yang ditawarkan oleh novel dapat dikaitkan secara kontekstual dengan tujuan pendidikan untuk membangun karakter serta semangat juang siswa. Namun, terdapat beberapa kendala yang diidentifikasi, antara lain rendahnya pemahaman terhadap pengaruh nilai perjuangan dan tantangan dalam memilih novel yang sesuai dengan latar belakang kultural peserta didik. Sebagai solusi, diperlukan pemilihan bahan bacaan yang relevan, penyusunan panduan implementatif bagi pendidik, serta penerapan metode evaluasi yang terstruktur dan berkelanjutan. Tindak lanjut dari temuan ini adalah pelatihan khusus bagi pendidik serta evaluasi secara berkala untuk memastikan integrasi nilai perjuangan dalam proses pembelajaran berjalan secara efektif. Kesimpulannya, integrasi nilai perjuangan dalam pembelajaran melalui novel dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, memotivasi, serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia concerns about theoretical studies or research on Indonesian literature, linguistics, Indonesian Language Learning and Teaching, literacy, and BIPA (Bahasa Indonesian bagi Penutur Asing) or Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages. ...