Papanda Journal of Community Service
Vol. 1 No. 1 (2022)

Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon

Nurhidayat, Eka (Unknown)
Herdiawan, Rama Dwika (Unknown)
Rofi’i, Agus (Unknown)
Ambarwati, Ajenk Meila (Unknown)
Rahmawati, Anggi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dikelas. literasi digital adalah kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi dari piranti digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks seperti akademik, karir dan kehidupan sehari-hari. Pengetahuan literasi digital yang disampaikan meliputi pengenalan aplikasi media pembelajaran, konsep literasi digital. Metode yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut adalah melalui metode pelatihan dan supervisi yang partisipatif. Dalam metode ini kedua mitra dilibatkan dalam setiap kegiatan mulai dari kegiatan identifikasi, kegiatan analisis tindakan yang akan dilakukan, kegiatan perencanaan tindakan, dan kegiatan pelaksanaan kegiatan. Hasil yang dicapai dari PKM ini guru mendapatkan perhatian yang besar dari peserta karena meski telah mulai menggunakan media digital dalam pekerjaan dan pembelajaran namun penguasaan media ini masih relatif rendah. Pengetahuan literasi digital yang disampaikan meliputi pengenalan media digital, memahami konten berita digital, praktek mengunduh, konten digital dan praktek berbagi konten digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pjcs

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Papanda Journal of Community Service is a scientific multidisciplinary journal published by Papanda Publisher. It is on the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ...