Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 2 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Peran Microlearning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Generasi Z

Hermawan, Bagas (Unknown)
Saputra, Agus (Unknown)
Munawaroh, Naila (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran microlearning dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Generasi Z. Microlearning merupakan pendekatan pembelajaran yang menyajikan materi secara singkat, fokus, dan dapat diakses kapan saja melalui perangkat digital. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang akrab dengan teknologi digital, memiliki rentang perhatian yang pendek, serta lebih menyukai materi visual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari jurnal-jurnal terindeks SINTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan microlearning dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta retensi informasi pada mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi microlearning dalam sistem pembelajaran perguruan tinggi serta pelatihan bagi dosen untuk mendesain konten microlearning yang sesuai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...