Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dengan akhlak peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasinya sebanyak 170 peserta didik dengan 34 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling, yaitu setiap kelompok diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi dan dokumentasi. Serta pengolahan data kuantitatif diselesaikan dengan rumus Rank Spearmen. Berdasarkan hasil pengolahan data, bahwa pembiasaan shalat dzuhur berjamaah tergolong baik, diperoleh dari nilai rata-rata (¯x) sebesar 63,2 yang berada pada skala penafsiran 60,94 – 66,80 dengan klasifikasi baik. Sedangkan akhlak peserta didik tergolong cukup, diperoleh dari nilai rata-rata (¯x) sebesar 60,9 yang berada pada skala penafsiran 58,8 – 64,2 dengan klasifikasi cukup. Kemudian hubungan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dengan akhlak peserta didik di SMP FULL DAY SCHOOL Al-Manshuriyah Sukaresik mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kategori tinggi, terbukti diperoleh hasil =0,78 yang berada pada interval 0,61 – 0,80 serta thitung 7,05 ≥ ttabel 1,694. pembiasaan shalat dzuhur berjamaah berhubungan akhlak peserta didik sebesar 60,84 %, sedangkan sisanya 39,16 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis
Copyrights © 2023