At Ta'dzim: Journal of Community Development
Vol 1, No 1 (2024): At Ta'dzim: Journal of Community Development

Pendampingan Belajar Matematika Bermakna di Desa Gondosari Kabupaten Kudus

Malasari, Putri Nur (Unknown)
Fatihin, Muhammad Khairul (Unknown)
Umam, Ahmad Saiful (Unknown)
Sundari, Indah Tri (Unknown)
Muna, Arina Yusril (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Tugas rumah mata pelajaran matematika masih menjadi momok bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Gondosari Kabupaten Kudus. Di sisi lain, rata-rata orang tua tua mempunyai keterbatasan dalam mengajarkan matematika di rumah. Berpondasikan masalah tersebut, pengadian masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi motivasi, prestasi belajar matematika, serta memberikan pengalaman belajar matematika bermakna bagi siswa. Metode service learning digunakan untuk melaksanakan pendampingan belajar. Sejumlah 45 siswa terlibat aktif dalam pendampingan belajar matematika. Pelaksanaan pendampingan belajar dilaksanakan dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan kelas. Data pengabdian yang diperoleh dari hasil tes matematika dan wawancara dianalisis secara naratif deskriptif. Hasil pendampingan belajar menunjukkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa mengalami perkembangan yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attadzim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community empowerment, SMEs and local communities; Community empowerment; Social Access; Community Service Activities by Students; Empowerment of Border Area Communities; Education for ...