SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 4 No 1 (2020): January 2020

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik

Diana, Putri (Unknown)
Marethi, Indiana (Unknown)
Pamungkas, Aan Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor eksternal maupun faktor internal siswa. Faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, seperti metode atau strategi pembelajaran. Sementara itu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, seperti emosi dan sikap terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari tingkatan kecemasan matematika di SMPN 3 Kota Serang kelas VII. Penelitian ini merupakan survey, dengan 3 kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengambila data dilakukn dengan menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari tingkat kecemasan matematika (tinggi, sedang, dan rendah). 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...