Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.
Copyrights © 2021