SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 9 No 1 (2025): Supremum Journal of Mahematics Education

Analisis Jalur Pengaruh Self Awareness dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Gee, Efrata (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)
Roesdiana, Lessa (Unknown)
Juandi, Dadang (Unknown)
Turmudi (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Self awareness dan Self Efficacy merupakan dua variabel yang sangat penting dimiliki siswa dalam belajar matematika sehingga melalui riset ini ingin mengetaui pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan terhadap di kelas VIII dengan jumlah siswa 25 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer yakni data hasil angket variabel Self Awareness dan Self Efficacy yang diberikan langsung kepada siswa, sementara data sekunder yaitu nilai ulangan harian siswa. Guna menjawab rumusan masalah atau hipotesis pada penelitian menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa bahwa baik variabel Self Awareness  dan Self Efficacy masing nilai Sig. 0,001 dan Sig. 0,01 kurang dari 0,05 artinya bahwa kedua variabel baik secara simultan maupun satu satu mempengaruhi variabel prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...