Journal of Teaching and Elementary Education
Vol. 1 No. 1 (2025): April

Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPAS di Kelas V SDN Sungai Miai 1

Muhsin (Unknown)
Nur Asyifa, Tiara (Unknown)
Haliza, Nur (Unknown)
Ferdiyansyah, Aldy (Unknown)
Asniwati, Asniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif menyebabkan peserta didik cenderung pasif, kurang antusias, dan tampak jenuh mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji problematika terkait penggunaan model pembelajaran di kelas V SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin dan kemudian mengimplementasikan model two stay two sebagai alternatif penyelesaian masalah model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TSTS mampu menciptakan iklim pembelajaran yang partisipatif sehingga muncul motivasi dan rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan dikarenakan peserta didik terlibat aktif dalam diskusi kelompok, pertukaran informasi, serta penyusunan simpulan bersama. Dapat disimpulkan bahwa model TSTS dapat menjadi solusi strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS dan direkomendasikan untuk diterapkan untuk mengatasi permasalahan serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JTE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Teaching and Elementary Education menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel/hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Eduvasi meliputi: Teori dan ...