Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Dimastika
Vol 4 No 2 (2025): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: DIMASTIKA

Komparasi Karakter Keagamaan Siswa Reguler dan Siswa Ma’had pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Kendal

Munadirin, Ahmad (Unknown)
Mardiana, Putry (Unknown)
Ahmad, Faraqna Algadavi Aulia (Unknown)
'Ullalah, Anis (Unknown)
Darojah, Soni' Zakiyah (Unknown)
Husni, Muhammad Arfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

MAN Kendal memiliki ciri khas tersendiri karena di samping pembelajaran reguler, juga terdapat ma’had sebagai wadah pembinaan keagamaan siswa. Hal ini menimbulkan adanya dua kelompok siswa, yaitu reguler dan ma’had, dengan karakter keagamaan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana karakter keagamaan terbentuk melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kedua kelompok tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reguler cenderung hanya mengandalkan pembelajaran formal di kelas, sementara siswa ma’had mendapatkan tambahan penguatan berupa pembiasaan ibadah dan kontrol akhlak di asrama. Perbedaan terlihat jelas pada pemahaman agama, sikap religius, praktik ibadah, dan akhlak keseharian. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi antara PAI formal dan pendidikan ma’hadiyyah memberikan kontribusi lebih besar dalam membentuk karakter keagamaan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dimastika

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Dimastika) adalah jurnal yang dikelola oleh LPPM sebagai wahana publikasi pengabdian kepada masyarakat baik oleh civitas akademika Sekolah Tinggi Islam kendal atau akademisi dari perguruan tinggi lain, dan masyarakat secara umum. Rumpun ilmu yang menjadi ruang ...