Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar dari Perspektif Manajemen Pendidikan: Analisis Sistem Pemerintahan Terpadu

Kurniasih, Kurniasih (Unknown)
Rini, Lely Endah (Unknown)
Syahputra, Eriza (Unknown)
Sumitro, Sumitro (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Kebijakan Merdeka Belajar merupakan salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional melalui penguatan otonomi lembaga pendidikan, fleksibilitas kurikulum, dan penekanan pada capaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan Merdeka Belajar dari perspektif manajemen pendidikan dalam kerangka sistem pemerintahan terpadu (Integrated Government System). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Merdeka Belajar sejalan dengan prinsip manajemen pendidikan modern yang menekankan desentralisasi, efisiensi, dan akuntabilitas. Namun, tantangan masih muncul dalam aspek koordinasi antarlembaga pemerintah, sinkronisasi regulasi, serta kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur digital. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam mendukung tata kelola kebijakan pendidikan yang efektif, transparan, dan adaptif terhadap perubahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...