RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 10, No 8 (2025): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - AGUSTUS 2025

KORELASI ANTARA ADIKSI SMARTPHONE DAN PERILAKU PHUBBING TERHADAP SOPAN SANTUN SISWA DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN

Anjeli, Anjeli (Unknown)
Wardah, Ani (Unknown)
Abidarda, Yulizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam penggunaan smartphone, telah membawa dampak signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara Adiksi Smartphone dan perilaku Phubbing terhadap tingkat sopan santun siswa di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sampel berjumlah 135 siswa kelas XI yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian meliputi skala Adiksi Smartphone, skala Phubbing, dan skala sopan santun. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara Adiksi Smartphone dengan sopan santun (r = -0,267, p = 0,002) dan antara perilaku Phubbing dengan sopan santun (r = -0,275, p = 0,001). Selain itu, hasil uji korelasi berganda menunjukkan bahwa secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara Adiksi Smartphone dan perilaku Phubbing terhadap sopan santun (R = -0,111, p = 0,000) meskipun kekuatan hubungan tergolong lemah. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Adiksi Smartphone dan frekuensi perilaku Phubbing, semakin rendah tingkat sopan santun siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis terkait pentingnya pengendalian penggunaan smartphone serta peningkatan kesadaran sopan santun dalam lingkungan sekolah. Keywords: Adiksi Smartphone, Perilaku Phubbing, Sopan Santun

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...