Program Asistensi Mengajar (AM) sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam ekosistem pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan peran mahasiswa AM dalam merancang dan menerapkan program inovatif berupa "Mini Garden Gizi" di Sekolah Dasar. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) yang melibatkan observasi awal, sosialisasi program, pembimbingan intensif, dan evaluasi hasil belajar siswa. Kegiatan ini berfokus pada pemanfaatan lahan sekolah yang terbatas untuk dijadikan media pembelajaran praktis mengenai gizi, biologi tanaman, dan kelestarian lingkungan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada antusiasme dan partisipasi aktif siswa. Selain itu, pemahaman siswa mengenai pentingnya gizi seimbang dan cara menanam sayuran meningkat. Program ini juga berhasil menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila, khususnya aspek gotong royong dan tanggung jawab. Mahasiswa sebagai fasilitator memperoleh pengalaman nyata dalam manajemen proyek edukasi dan penerapan metode PjBL di kelas. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara mahasiswa AM dan pihak sekolah sangat efektif dalam menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan berdampak.
Copyrights © 2025