JADMENT: Journal of Administration and Development
Vol. 2 No. 3 (2025)

EVALUASI KINERJA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA BANJARBARU: Performance Evaluation of The Personnel and Human Resource Development Agency of Banjarbaru City

Hermawan, Ade (Unknown)
Bakhtiar, Bakhtiar (Unknown)
Jamili, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Banjarbaru dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan. Studi ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif, di mana sumber data diperoleh dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru yang memiliki pengalaman dalam menerima layanan dari BKPSDM. Teknik pengumpulan data utama meliputi penyebaran kuesioner kepada 40 responden ASN dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kinerja BKPSDM Kota Banjarbaru berada dalam kategori Baik. Secara spesifik, indikator produktivitas pelayanan kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan dinilai produktif oleh 75% responden. Kualitas pelayanan BKPSDM juga dianggap berkualitas oleh 85% responden, menandakan kepuasan yang tinggi terhadap layanan yang diberikan. Sementara itu, aspek akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan dinilai akuntabel oleh 72,5% responden, mencerminkan transparansi dan pertanggungjawaban yang baik. Temuan ini menggarisbawahi efektivitas BKPSDM dalam menjalankan fungsi inti mereka dan berkontribusi positif terhadap pengembangan ASN di Banjarbaru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jadment

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

JADMENT: Journal of Administration and Development, platform publikasi ilmiah dengan desain open access sebagai media bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi temuan dan wawasan tentang praktik, teori, dan penelitian masalah-masalah administrasi publik, pelayanan publik, manajemen ...