DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): DUNIA ANAK

STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DITINJAU DARI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Santoso, Tantri Sundari (Unknown)
Muplihah, Risa (Unknown)
Sianturi, Risbon (Unknown)
Elan, Elan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Penanaman nilai-nilai keagamaan sejak usia dini berperan penting dalam membentuk karakter anak, khususnya dalam perkembangan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan nilai-nilai agama di lembaga pendidikan anak usia dini dan mengevaluasi dampaknya terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dilaksanakan di salah satu TK di Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi kemudian dianalisis dengan langkah-langkah analisis kualitatif yang meliputi proses penyederhanaan data, penyajian hasil temuan, dan penarikan makna atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi yang diterapkan di sekolah tersebut, meliputi integrasi pembelajaran agama dalam kegiatan harian, pendekatan personal emosional, dan pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman langsung. Strategi ini berkontribusi dalam membangun fondasi spiritual sekaligus meningkatkan sikap sosial positif anak, seperti empati, kedisiplinan, dan kerja sama. Penerapan berbagai strategi tersebut dalam pembelajaran berbasis nilai-nilai keagamaan terbukti efektif dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak usia dini. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai keagamaan dan teori perkembangan sosial emosional dalam pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain ...