IPSSJ
Vol. 2 No. 06 November (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

DETERMINASI MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PRAKTIK PEMBELAJARAN: SEBUAH SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Fitriani (Unknown)
Subki (Unknown)
Suhayyatman (Unknown)
Roni Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek fundamental dalam pendidikan karena mempengaruhi kesiapan, ketekunan, dan hasil belajar peserta didik. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pengertian motivasi belajar, pentingnya motivasi bagi siswa, teori-teori yang mendasari motivasi, faktor-faktor yang memengaruhinya, serta strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis berbagai jurnal, buku, dan publikasi ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, serta dapat ditingkatkan melalui strategi pedagogis seperti penguatan, pembelajaran aktif, diferensiasi, dan penciptaan lingkungan belajar yang positif. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru sebagai fasilitator yang mampu mengoptimalkan motivasi siswa sehingga berdampak pada keberhasilan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...