Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Loyalitas Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri

Putra, Ridho Dwi (Unknown)
Murtadho, Muhammad Ali (Unknown)
Yuniar, Yuniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala madrasah dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima strategi utama yang diterapkan kepala madrasah. Pertama, strategi keteladanan dan pendekatan personal, yaitu kepala madrasah memberikan contoh kedisiplinan dan melakukan pembinaan individual kepada guru yang mengalami masalah motivasi. Kedua, strategi komunikasi terbuka dan partisipatif, di mana kepala madrasah melibatkan guru dalam musyawarah dan pengambilan keputusan sehingga menumbuhkan rasa memiliki terhadap madrasah. Ketiga, strategi penguatan kompetensi guru melalui penyelenggaraan IHT, workshop, supervisi akademik, serta pemberian kesempatan mengikuti pelatihan eksternal. Keempat, strategi penghargaan dan pembinaan disiplin dengan penerapan sistem reward and punishment yang proporsional. Kelima, strategi penguatan nilai keagamaan dan kultural, seperti tadarus, salat berjamaah, dan pengajian yang memperkuat karakter serta loyalitas spiritual guru. Secara keseluruhan, strategi-strategi tersebut efektif dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja guru di madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...