Minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis digital serta rendahnya kemampuan siswa dalam mengambil dan mengolah informasi dari media digital menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran CircuBlood berbasis Android dalam meningkatkan literasi digital pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah kelas V. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket validasi ahli media dan ahli materi, angket keterbacaan, angket literasi digital, serta angket respons siswa terhadap media pembelajaran CircuBlood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CircuBlood memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan rata-rata 98%. Nilai keterbacaan mencapai angka 30 yang menunjukkan kategori tinggi. Literasi digital siswa mengalami peningkatan sebesar 62% berdasarkan perbandingan hasil sebelum dan sesudah penggunaan media. Selain itu, respons siswa terhadap media pembelajaran mencapai 91%, menunjukkan bahwa media CircuBlood diterima dengan sangat baik dan dinilai efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2025