Penelitian ini secara umum bertujuan mengetahui Gambaran hasil belajar, Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dan Faktor Dominan penyebab kesulitan belajar mata Pelajaran produktif pada siswa teknik kendaraan ringan SMKN 5 Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap, 2) Mengetahui faktor internal apa sajakah yang menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran produktif pada siswa Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap, 3) Mengetahui faktor eksternal apa sajakah yang menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran produktif pada siswa Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap, 4) Mengetahui Faktor internal apakah yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran produktif pada siswa Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap, 5) Mengetahui Faktor eksternal apakah yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran produktif pada siswa Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 39 sampel. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan angket/kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner berupa pernyataan yang jawabannya sudah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran hasil belajar dapat dilihat dari ujian kelas XI TKR sebanyak 79,49% siswa memenuhi KKM dari total 39 siswa, 2) Faktor internal yang menjadi penyebab kesulitan belajar praktik tune-up motor bensin bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap adalah faktor Minat sebesar (20,51%), Kemampuan kognitif sebesar (20,51%), dan kebiasaan belajar sebesar (23,08%), 3) Faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar praktik tune-up motor bensin bagi siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap adalah faktor kegiatan siswa dimasyarakat sebesar (28,2%), keadaan ekonomi keluarga sebesar (41,03%), dan lingkungan sosial sekolah (61,54%), 4) Faktor internal yang paling dominan menjadi penyebab kesulitan belajar praktik tune-up motor bensin bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap adalah faktor kebiasaan belajar sebesar (23,08%), 5) Faktor eksternal yang paling dominan menjadi penyebab kesulitan belajar praktik tune-up motor bensin bagi siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Sidrap adalah faktor lingkungan sosial sekolah (61,54%).
Copyrights © 2025