Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Inovasi di Madrasah: abstrak, pendahuluan, metode penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan , kesimpulan, daftar pustaka

Syifaul karima (Unknown)
Agus Pahrudin (Unknown)
Agus Jatmiko (Unknown)
Koderi (Unknown)
Imam Syafe’i (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis inovasi di madrasah sebagai upaya menjawab tantangan era modern dan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Pengembangan kurikulum PAI yang inovatif diperlukan agar proses pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga mampu membentuk karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis dokumen kurikulum PAI pada madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis inovasi di madrasah dapat dilakukan melalui integrasi teknologi pembelajaran, penerapan pendekatan student-centered learning, serta penguatan nilai-nilai spiritual dan sosial dalam setiap komponen kurikulum. Selain itu, keterlibatan guru sebagai pengembang kurikulum dan dukungan kebijakan lembaga menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum yang inovatif. Dengan demikian, pengembangan kurikulum PAI berbasis inovasi di madrasah diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, relevan, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...