Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis inovasi di madrasah sebagai upaya menjawab tantangan era modern dan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Pengembangan kurikulum PAI yang inovatif diperlukan agar proses pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga mampu membentuk karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis dokumen kurikulum PAI pada madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis inovasi di madrasah dapat dilakukan melalui integrasi teknologi pembelajaran, penerapan pendekatan student-centered learning, serta penguatan nilai-nilai spiritual dan sosial dalam setiap komponen kurikulum. Selain itu, keterlibatan guru sebagai pengembang kurikulum dan dukungan kebijakan lembaga menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum yang inovatif. Dengan demikian, pengembangan kurikulum PAI berbasis inovasi di madrasah diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, relevan, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.
Copyrights © 2025