Media Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2021)

Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0

Nurhayati, Mira (Unknown)
Wijaya, Aldi Putra (Unknown)
Rahmadhani, Fitri (Unknown)
Situmorang, Gresilia (Unknown)
Mukarromah, Nizzah Aulia Ahsanah (Unknown)
Zulkardi, Zulkardi (Unknown)
Sukmaningthias, Novika (Unknown)
Nuraeni, Zuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Respon Guru SD melalui Training of Teacher untuk Meningkatkan Kecapakan Matematis di Era Revolusi 4.0. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan melibatkan subjek sebanyak 6 guru SD Negeri 7 Lawang Kidul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara angket setelah dilakukan pelatihan kepada guru selama 6 hari. Angket yang digunakan pada penelitian ini merupakan angket dengan jawaban terbuka. Pada angket memuat perihal refleksi dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Data-data yang telah didapat kemudian diolah dan dianalisis secara Kualitatif Non Statistik yaitu, tanpa adanya perhitungan statistik, lalu hasil pada penelitian ini akan dideskripsikan melalui kalimat yang akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dari dilaksanakannya Training of Teachers (ToT) untuk meningkatkan kecakapan guru diihat dari data analisis dan pembahasan diperoleh bahwa guru telah mendapatkan beberapa informasi mengenai kecakapan yang diperlukan pada era revolusi industri 4.0 diantaranya belajar matematika dengan praktik, menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, dan pengetahuan bahwa ketika seorang guru matematika yang mengajar itu harus menjadi seorang  guru yang menyenangkan dan bisa menjelaskan materi pembelajaran matematika dengan cara yang menarik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Media Pendidikan Matematika (MPM) focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. ...