Media Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 1 (2025)

Implementasi Etnomatematika Permainan Tradisional Dakuan pada Pembelajaran Matematika SD

Jabar, Abdul (Unknown)
Agustina, Winda (Unknown)
Gazali, Rahmita Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Matematika sering dianggap sulit dan menakutkan bagi peserta didik SD. Ketidakmampuan peserta didik untuk mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari mereka sering kali menjadi salah satu penyebab utama kesulitan ini. Agar matematika lebih mudah dipahami, matematika perlu diajarkan secara kontekstual melalui kegiatan sehari-hari. Etnomatematika merupakan salah satu solusi dengan mempelajari konsep-konsep matematika melalui konteks budaya lokal peserta didik. Misalnya, kerajinan tangan dan permainan tradisional dapat digunakan sebagai alat bantu mengajarkan berbagai konsep matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika SD menggunakan permainan tradisional Dakuan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 84,21% peserta didik telah mencapai KKTP. Respon peserta didik terhadap implementasi etnomatematika pada pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 94,3%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pembelajaran matematika dengan memanfaatkan objek budaya lokal seperti permainan tradisional yang ada di sekitar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Media Pendidikan Matematika (MPM) focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. ...