JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Kebutuhan Penyusunan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Adinda, Aulia Zahwa (Unknown)
Fadillah, Ricca Tri (Unknown)
Saputri, Rohmah Shela (Unknown)
Kusumawati, Dinda (Unknown)
Sunyono, Sunyono (Unknown)
Siregar, Rabiyatul Adawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan lembar kerja peserta didik di sekolah dasar yang masih bersifat konvensional dan belum mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penyusunan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran berbasis masalah sebagai dasar pengembangan perangkat pembelajaran yang lebih relevan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui angket, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik membutuhkan lembar kerja yang memandu penyelidikan dan pemecahan masalah, sedangkan peserta didik membutuhkan bahan belajar yang lebih menarik dan kontekstual. Analisis dokumen menunjukkan bahwa lembar kerja yang digunakan belum memenuhi karakteristik pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyusunan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran berbasis masalah sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...