Abstrak. Profesi guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional karena berfungsi sebagai agen utama dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik. Namun, menurunnya minat generasi muda terhadap profesi guru menjadi permasalahan serius ,yang dapat memengaruhi ketersediaan tenaga pendidik berkualitas di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa terhadap profesi guru terhadap kompetensi pedagogik mereka dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linier sederhana. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar, dengan sampel sebanyak 187 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket skala Likert yang mengukur persepsi terhadap profesi guru dan kompetensi pedagogik, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa, dengan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan kualitas kemampuan pedagogik. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi positif dapat memperkuat motivasi, dedikasi, dan profesionalisme calon guru dalam melaksanakan tugas kependidikan. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian mengenai peran faktor afektif dalam pengembangan kompetensi profesional calon guru, serta memberikan implikasi praktis bagi lembaga penyelenggara PPG untuk menanamkan nilai dan citra positif profesi guru melalui pembelajaran reflektif dan pengalaman lapangan yang bermakna Kata Kunci: persepsi profesi guru, kompetensi pedagogik, profesionalisme guru
Copyrights © 2025