Abstrak. Pengembangan agroindustri berbasis kelapa sangat penting dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan usaha rumah tangga dalam mengolah kelapa menjadi minyak kelapa mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan yang diperoleh usaha rumah tangga pengolah minyak kelapa mandar serta strategi pemasaran yang dilakukannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran (Mixed Method). Metode penelitian campuran menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan memahami suatu fenomena secara menyeluruh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan kelayakan usaha dan teknik analisis SWOT untuk mengetahui potensi usaha minyak goreng khas Mandar di Lingkungan Tanete, Kelurahan Lembang Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Tahap input terdiri dari penyusunan matriks IFAS dan matriks EFAS, dan tahap penyusunan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha rumah tangga minyak kelapa mandar menguntungkan dan layak untuk diusahakan karena imbangan antara penerimaan dan biaya lebih besar dari satu. Upaya yang akan dilakukan untuk mencapai strategi tersebut adalah dengan (a) Minyak kelapa mandar adalah produk khas daerah mandar, oleh karena itu dalam pengembangannya pemerintah daerah memberikan perhatian dan dukungan, (b) Aroma yang khas dan cita rasa yang unik dari minyak kelapa mandar tidak dimiliki oleh minyak kelapa sejenisnya sehingga minyak kelapa mandar mempunyai daya saing yang tinggi, (c) Produk minyak kelapa mandar berkualitas karena daya simpannya tahan lama serta mempunyai banyak manfaat baik digunakan untuk makanan maupun untuk kesehatan, (d) Minyak kelapa mandar sudah terkenal pada masyarakat lokal, namun pemasarannya masih terbatas sehingga diperlukan promosi dalam penjualannnya dengan menggunakan platform digital Kata Kunci: Minyak Kelapa Mandar, Pendapatan, Strategi Pemasaran, Usaha Rumah Tangga
Copyrights © 2025