Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 6, No 2 (2025): Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Article in Press)

Analisis Pendapatan dan Strategi Pemasaran Usaha Rumah Tangga Minyak Kelapa Mandar di Kelurahan Lembang Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene

Najib, Marhawati (Unknown)
Ri Esso, Andi Sawe (Unknown)
Purnamasari, Wulan (Unknown)
Zulistnayarti, Andi (Unknown)
Rijal, Syamsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Pengembangan agroindustri berbasis kelapa sangat penting dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan usaha rumah tangga dalam mengolah kelapa menjadi minyak kelapa mandar. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan yang diperoleh usaha rumah tangga pengolah minyak kelapa mandar serta strategi pemasaran yang dilakukannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran (Mixed Method). Metode penelitian campuran menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan memahami suatu fenomena secara menyeluruh.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan kelayakan usaha dan teknik analisis SWOT untuk mengetahui potensi usaha minyak goreng khas Mandar di Lingkungan Tanete, Kelurahan Lembang Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.  Tahap input terdiri dari penyusunan matriks IFAS dan matriks EFAS, dan tahap penyusunan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha rumah tangga minyak kelapa mandar menguntungkan dan layak untuk diusahakan karena imbangan antara penerimaan dan biaya lebih besar dari satu. Upaya yang akan dilakukan untuk mencapai strategi tersebut adalah dengan (a) Minyak kelapa mandar adalah produk khas daerah mandar, oleh karena itu dalam pengembangannya pemerintah daerah memberikan perhatian dan dukungan, (b) Aroma yang khas dan cita rasa yang unik dari minyak kelapa mandar tidak dimiliki oleh minyak kelapa sejenisnya sehingga minyak kelapa mandar mempunyai daya saing yang tinggi, (c)  Produk minyak kelapa mandar berkualitas  karena daya simpannya tahan lama serta mempunyai banyak manfaat baik digunakan untuk makanan maupun untuk kesehatan, (d)  Minyak kelapa mandar sudah terkenal pada masyarakat lokal, namun pemasarannya masih terbatas sehingga diperlukan promosi dalam penjualannnya dengan menggunakan platform digital Kata Kunci: Minyak Kelapa Mandar, Pendapatan, Strategi Pemasaran, Usaha Rumah Tangga

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...