Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya nya pengaruh pembelajaran berdefrensiasi terhadap pembentukan budaya positif di Kelas V SD Negeri 38 Pao-Pao Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V di SD Negeri 38 pao-Pao Kecamatan Malunda Kabupaten Majene yang berjumlah 31 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran sebelum penerapan pembelajaran berdefrensiasi menunjukkan kategori sedang dan setelah penerapan pembelajaran berdefrensiasi menunjukkan kategori sangat tinggi dan budaya positif dapat digambarkan pada hasil belajar diperoleh yaitu pada pretest mendapatkan nilai sedang sedangkan pada posttest mendapatkan sangat tinggi serta penerapan pembelajaran berdefrensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan budaya positif khususnya di Kelas V SD Negeri 38 Pao-Pao kecamatan Malunda kabupaten Majene
Copyrights © 2024