Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya
Vol. 31 No. 2 (2025): Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya

Pengaruh Penggunaan Metode Joyful Learning (Ice Breaking) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni

Mustakim (Unknown)
Andi Muh. Abrar (Unknown)
Dewi Safitri (Unknown)
Juliana Tarsan (Unknown)
Jumiati (Unknown)
Reza R. Dunggio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode joyful learning (ice breaking) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran seni di kelas XD SMAN 2 Tolitoli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan jumlah peserta didik yang banyak (35 siswa), beberapa peserta didik yang kurang aktif, kelas yang kurang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode joyful learning (ice breaking). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode joyful learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang diukur melalui indikator antusiasme, semangat belajar, partisipasi dan hasil pretest dan posttest. Oleh karena itu, metode ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya is a reputable scientific journal that has been recognized by SINTA with a ranking of 5. Published two times a year (January-June and July-December), the journal accommodates a variety of scientific articles that explore contemporary ...