Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 3 Tahun 2025

Analisis Butir Soal Tes Materi Pertidaksamaan Liner untuk Siswa Kelas XI

Kurniati, Annisah (Unknown)
Rahmi, Depriwana (Unknown)
Yuniati, Suci (Unknown)
Rahmania, Dhila (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Analisis kualitas soal tes penting dilakukan untuk memastikan bahwa soal yang digunakan mampu mengukur kemampuan siswa secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas soal tes materi pertidaksamaan linear kelas XI berdasarkan aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan data berupa 57 lembar jawaban siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari enam soal yang diuji, satu soal tidak valid dan tidak layak digunakan. Reliabilitas soal tergolong sedang, dengan bentuk soal berupa uraian. Daya pembeda soal nomor 1 dikategorikan buruk sehingga perlu dihapus, sedangkan soal nomor 2 hingga 6 memiliki daya pembeda yang dapat diterima. Dari segi tingkat kesukaran, kelima soal yang tersisa berada dalam kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar soal memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai acuan dalam mengevaluasi kemampuan siswa pada materi pertidaksamaan linear. Dengan demikian, analisis butir soal menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...