Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa Fase B (kelas III dan IV) di sekolah dasar inpres Beiposo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dan Pendidikan Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi proses pembelajaran, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan dalam memahami bacaan panjang, menulis dengan ejaan tepat, menguasai operasi perkalian, pembagian, memahami soal cerita, serta konsep dasar energi. Sementara itu, siswa kelas IV mengalami kesulitan dalam kalimat transitif, intransitif, operasi hitung, perubahan energi, gaya, serta keberagaman tradisi. Sebagian besar siswa belum mencapai KKM, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif.
Copyrights © 2025