Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA FASE B DALAM MEMAHAMI KONSEP MATA PELAJARAN DI SD INPRES BEIPOSO

Kale, Dominika Elviana (Unknown)
Timu, Hendrika Ermelinda (Unknown)
Meo, Margaretha (Unknown)
Dimas Qondias (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa Fase B (kelas III dan IV) di sekolah dasar inpres Beiposo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dan Pendidikan Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi proses pembelajaran, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan dalam memahami bacaan panjang, menulis dengan ejaan tepat, menguasai operasi perkalian, pembagian, memahami soal cerita, serta konsep dasar energi. Sementara itu, siswa kelas IV mengalami kesulitan dalam kalimat transitif, intransitif, operasi hitung, perubahan energi, gaya, serta keberagaman tradisi. Sebagian besar siswa belum mencapai KKM, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3. Pengembangan Bahan Ajar ...