Asian Journal of Science Education
Vol 7, No 2: October, 2025

"Evaluating Teachers Understanding of Problem-Based Learning Implementation in South Sulawesi: A Rasch Model Approach"

Riskawati, Riskawati (Unknown)
Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Muliana, Eka Sri (Unknown)
Rusdin, Rini Febriani (Unknown)
Pratama, Annisa Putri (Unknown)
Fajar, Rahmat (Unknown)
Yunus, Sitti Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman guru dalam menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di sekolah-sekolah di seluruh Sulawesi Selatan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan menggunakan metode survei. Sebanyak 75 guru dipilih secara acak dari beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan model Rasch untuk memastikan pengukuran standar dan objektif dari pemahaman guru dan implementasi model PBL. Analisis berfokus pada identifikasi tingkat pemahaman konsep PBL dan sejauh mana penerapannya dalam praktik kelas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas guru menunjukkan tingkat pemahaman yang moderat mengenai prinsip dan langkah prosedural model PBL. Temuan ini memberikan landasan diagnostik untuk pengembangan profesional yang ditargetkan dan dukungan pedagogis untuk memperkuat implementasi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AJSE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus of Asian Journal of Science Education (AJSE) provides a platform for original written works that enhance understanding of science education in general and science education in particular. Scope of Asian Journal of Science Education (AJSE) related to the field development and research, ...